Beda Abu Lahab dengan Abu Jahal

Banyak yang menyangka kalau Abu Lahab dengan Abu Jahal itu satu orang. Sebenarnya dua orang. Abu Lahab itu paman Nabi Muhammad SAW, sedangkan Abu Jahal tidak ada hubungan darah dengan nabi. Nama Abu Lahab yang sebenarnya adalah Abdul Uzza bin Abdul Muthalib, sedangkan nama Abu Jahal yang sebenarnya adalah Abdul Hakam bin Hisyam.

Tentang Abu Lahab

Ia adalah tokoh kuffar Quraisy yang sangat membenci Nabi Muhammad SAW dan ajaran Islam yang dibawanya. Dialah yang mempermalukan Nabi di depan umatnya dengan ucapan yang hina, “Celaka engkau hai Muhammad! Apakah ini maksudmu mengundang kami kemari?” kata Abu Lahab dengan sangat marah saat nabi sedang berkhutbah di kaki bukit.

Karena kelancangannya itulah, pada hari itu juga Allah mempermalukan Abu Lahab dengan turun Surat Al-Lahab : “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia! Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka). Dan (begitu pula istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah). Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.” (QS. Al-Lahab : 1 – 4).

Abu Lahab ketika itu tidak sendiri, ada lagi kawan setianya Abu Jahal, Walid bin Mughirah Al-Makhzumi, ‘Ash bin Wail As-Sahmi, Amru bin Hisyam, Abdul Azza, Nadhar bin Harits, Uqbah bin Abi Mui’th, Ubay bin Khalaf, Umayyah bin Khalaf, dan lain-lain.

Tentang Abu Jahal

Nama aslinya Abdul Hakam bin Hisyam. Sejak sama-sama remaja Abu Jahal senantiasa mengolok-olok Muhammad. Pernah juga keduanya berkelahi, Abu Jahal kalah dan terkilir lututnya. Ia sangat dendam kepada Muhammad.

Abu Jahal pernah melamar Khadijah binti Khuwailid, tetapi Khadijah menolak lamaran tersebut. Beberapa bulan kemudian, Muhammad meminang Khadijah dan langsung diterima. Hati Abu Jahal semakin dengki kepada Muhammad. Setelah orang-orang lemah masuk Islam, Abu Jahal memproklamirkan dirinya sebagai preman kota Makkah. Orang-orang dhuafa yang masuk Islam semua mendapat penyiksaan pedih dari Abu Jahal. Yasir dan irtirnya Sumiyyah mendapat siksa sampai syahid di tangan Abu Jahal.

Isra’ Mi’raj terjadi pada 27 Rajab, tahun ke-12 dari kenabian atau 2 tahun sebelum Hijriyah. Setelah Isra’ Mi’raj Rasulullah mengajak manusia supaya percaya kepada kisah perjalanan yang menakjubkan itu. Banyak orang yang tidak percaya, termasuk Abu Jahal. “Bohong kau Muhammad, bagaimana mungkin dalam satu malam saja kamu bisa ke Baitul Maqdis? Kalau kau benar-benar sampai di sana, coba kau ceritakan apa yang kau lihat dalam perjalanan.” Muhammad bercerita sesuai dengan yang dilihatnya secara akurat. Orang ramai membenarkan kecuali segelintir para munafiq dan Abu Jahal. “Itu sihir yang nyata!”, teriak Abu Jahal.

Kemudian Abu Jahal dan anak buahnya selalu menganggu orang-orang yang shalat. Mereka sering melemparkan orang-orang shalat dnegan tahi unta, kotoran kambing, dan sebagainya. Mereka ramai dan sering mengejek orang-orang Islam dan Muhammad SAW, namun demikian, nabi dan pengikutnya tetap bersabar dan tidak melawan orang jahil yang berkelompok itu.

Suatu hari, Abu Jahal sendiri yang ingin membinasakan Nabi Muhammad SAW. Ketika nabi sedang sujud, Abu Jahal muncul mengendap-ngendap dengan batu besar di tangannya. Ia ingin menghantam kepala nabi agar pecah. Tiba-tiba ia melihat seekor unta raksasa yang ingin menelannya. Abu Jahal ketakutan sambil melepaskan batu dan lari terbirit-birit, sampai terkencing dan terberak dalam celana. Sampai di rumah ia pingsan beberapa saat.

Dasar orang jahil, Abu Jahal belum merasa jera, ia terus merongrong Muhammad, dan dia pula yang merancang siasat agar Muhammad dibunuh atau diusir dari Makkah. Ketika Muhammad telah hijrah, Abu Jahal berpesta pora. Ia merasa dirinya sudah menang dan merasa cukup. Allah berfirman tentang Abu Jahal ini, “Sekali-kali tidak! Sungguh, manusia itu benar-benar melampaui batas. Karena dia melihat dirinya serba cukup.” (QS. Al-‘Alaq : 6 – 7)

 

(Sumber : Koran Serambi Indonesia, sekitar tahun 1990-an)

59 thoughts on “Beda Abu Lahab dengan Abu Jahal

  1. koran tahun 90-an? masih ada ray? waktu ray umur berapa tuh :D
    menuliskan “SAW” sebaiknya gak usah disingkat ray. begitu juga kalo menuliskan “SWT”. lebih baik jgn disingkat juga.

    Lha Mas, alasannya kenapa gak boleh disingkat? Kan kepanjangan kalau nulis lengkaaaap. Iya, dulu Ray suka gunting koran untuk ambil artikel, makanya Ray tulis tahun 90-an, karena gak tau lagi tanggal dan tahunnya. Dan oleh karena itu juga alasan judul blog ini “Catatanku” alias dokumentasiku :)

  2. mbak, nulis SAW jadi shallallahu ‘alaihi wa sallam memang kepanjangan dan berat tp sebanding dengan pahala yg akan kita dapat. SAW tidak lah mengandung arti apa-apa selain hanya singkatan saja.

    kita sebagai muslim dianjurkan agar senantiasa bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika nama beliau disebutkan, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “orang yang bakhil adalah orang yang apabila aku disebut, dia tidak membaca shalawat kepadaku.” [HR. At-Tirmidzi]. apakah SAW itu shalawat?

  3. @@assllmualaikum……..sebenrnya kisah tentang abu lahab ini knpa g sekalianselesai dalam satu kisah gtw@@??

    Karena ngutip dari koran, jadi sudah demikian adanya.

  4. Aku suka dengan hobbymu ngliping… terus aja lagi. tapi sumbernya jelas termasuk tanggal dst… dst… dst…! Pasti manfaat dikemudian hari…..

    Kalau ada tanggalnya InsyaAllah saya cantumkan, tapi tulisan di atas saya gunting dari koran (waktu saya masih kecil dulu), jadi sudah tidak ada lagi tanggalnya. Apalagi guntingan korannya sudah terkena tsunami, jadi untuk mengabadikannya saya posting saja di blog ini.
    Saat saya reply komen ini, Judul “Beda Abu Lahab dengan Abu Jahal” sudah diakses sebanyak 350 kali. Alhamdulillah….. Semoga bermanfaat, Amin.

  5. Pertanyaan besar menggelayut di benak saya, “Jadi mengapa ia lebih t’kenal di kalangan org beriman sbg Abu Jahl?” Dia gk mungkin donk menamai anaknya sbg Jahl, si bodoh. :mrgreen: ‘Amr ibn Hisyam ini bukanlah seorang buta huruf, tdk kenal etika, biadab, dan t’belakang scr materi. Tapi dia adalah Abu Jahl, si biang kejahiliahan.

    Memang, jahiliah bs lahir dari rahim ketidaktahuan yg diiringi persangkaan. Dari kedunguan dan logika yg dipaksakan. Dari kesalahpahaman yg diwarisi temurun. Singkatnya dari kebodohan. Sering kali begitu. Tetapi tak jarang jg, jahiliah b’sumber dari oknum b’pengetahuan yg sombong dan gengsi, atau kekuasaan menindas yg tak ingin kehilangan posisi. Seperti inilah Abu Jahl.

    Di zaman sekarang ini, banyak nih orang2 yang seperti Abu jahal.

  6. Wah seru neh, jarang-jarang dapet ilmu beginian. Satu pertanyaan besar buat saya adakah dimasa jahiliah arab suatu wadah pendidikan (sekolah)? Setahu saya di dalam Al-Qur’an Alloh menamakan seseorang sesuai dengan sifat dan perbuatannya. Arti Lahab sendiri apa yach? Dulu saya pernah denger tapi lupa.

  7. Aslm..
    Apapun yg tersirat d benak abu jahl yg pasti sudah terjadi dan dapat d cermati bagi orang-2 yg brfikir.
    Skarang jadikan aja pembeda dalam mencontoh 2 ahlak..
    Ahlak baik d nabi tercinta kita..
    Ahlak hewani ada di abu jahl tea.
    Ok!..

  8. Lahab artinya api (flame), disebut begitu karena wajah abu lahab kemerah merahan.

  9. Maaf kalo blh tau dari buku mana anda mendapatkan keterangan bahwa abu jahal pernah melamar khadijah. Ini penting lho….

    Di bawah tulisan saya ada menuliskan sumbernya, yaitu dari Koran Serambi Indonesia.

  10. sayang ini cerota nya pendek…………klo panjang pasti berdasarkan cerita aslinya :( :( :(

  11. Hanya meluruskan !
    1. Nama asli abu jahal amr bin hisyam
    2. Dia termasuk paman nabi

    Mohon di ralat, bahaya bagi generasi penerus (pelajar) kalau salah faham.
    terima kasih

    Maaf, bukannya saya tidak mau ralat. Tapi di bagian bawah tulisan ada saya tuliskan Sumbernya, Koran Serambi Indonesia, sekitar tahun 1990-an. Saya ambil artikel di atas FULL dari Sumbernya. Jadi, saya tidak bisa meralatnya kecuali saya masukkan Sumber Bacaan yang lain. Trims atas perhatiannya ya.

  12. Yang paman nabi adalah Abu Lahab (Abdul Uzza). Paman Nabi ada 13, yaitu: Haris, Abu Thalib, Zubair, Hamzah (masuk islam dan tewas pada Perang Uhud), Abu Lahab, Muqawwam, Dhirar, Abbas, Qusam, Abdul Ka’bah, dan Hajal.

  13. siapa nama istri abu jahal
    dan siapa nama istri abu lahab
    terimaksih jawabannya?

  14. ah, kebanyakan cerita Abu Jahal dari pada cerita Abu Lahab kan aku nyarinya Abu Lahab dimana-mana andanya Abu Jahal, ap keren adia terkenal jahatnya?

  15. Lha Mas, alasannya kenapa gak boleh disingkat? Kan kepanjangan kalau nulis lengkaaaap. Iya, dulu Ray suka gunting koran untuk ambil artikel, makanya Ray tulis tahun 90-an, karena gak tau lagi tanggal dan tahunnya. Dan oleh karena itu juga alasan judul blog ini “Catatanku” alias dokumentasiku :)
    by;wirda

  16. hmm,,, ceritanya kok berbeda ya dngn yng aku sllu baca berlainan terus jdi bingun sendri … tapi intinya tdk akan pernah merugakan kerasulala muhamad saw.. cuman ceritanya aja yng membingungkan,,

  17. Amr bin Hisyām (bahasa Arab: عمرو بن هشام; lahir tahun 570 – meninggal 17 Maret 624 pada umur 53/54 tahun; atau lebih dikenal dengan sebutan Abu Jahal) adalah salah seorang pemimpin penduduk Mekkah, yang terkenal akan permusuhannya terhadap kaum Muslim. Ia memiliki anak yang memeluk agama Islam dan diyakini oleh umat Islam sebagai salah seorang syuhada, ia bernama Ikrimah.

    =====

    Abu Lahab bin ‘Abdul Muttalib (Bahasa Arab: أبو لهب‎) (meninggal 624) adalah paman Nabi Muhammad yang terkenal akan kebenciannya terhadap ajaran Islam. Namanya disebut dalam Al-Qur’an Surah Al-Lahab yang merupakan pengutukkan atasnya sebagai salah satu musuh Islam.

    Nama lengkapnya adalah Abdul al-Uzza bin ‘Abdul Muttalib dan panggilannya Abu Lahab (bapak dari api yang berkobar), karena pipinya selalu merah atau seperti terbakar. Istrinya adalah Ummu Jamil, yang telah melahirkan dua anak Utbah bin Abu Lahab and Utaybah bin Abu Lahab.

  18. kalo mau belajar tentang ilmu agama itu jangan di koran atau di artikel, klo mau mencari tau tentang abu jahal dan abu lahab dan tentang agama islam lainnya, langsung pergi aja ke dayah2 atau tempat2 pengajian yang ahlussunnah wal jama’ah, baru lebih jelas.
    kalau memang gak tau tentang ilmu agama lebih baik diam aja.
    terima kasih.
    dari dek gam, di aceh

  19. Isteri Abu Jahal ialah Ummu Jamil binti Harb bin Umayyah bin Abd Syam. Adapun si Hindun binti Utbah bin Rabi’ah ialah isteri si Abu Sufyan. Terdapat perbedaan pendapat tentang nama sebenar Ummu Jamil. Dikatakan al-‘Aura’ dan dikatakan juga Arwa.

  20. tapi klo kita dengan cerita daripada ulama abu jahal dan abu lahab tu saudara kandung mereka berdua anak daripada abdul mutalleb…

  21. bukannya nama asli abu lahab : abul uzza bin Abdul muthalib dan bukannya abu jahal : umar bin hisyam

  22. apa nama julukan dari istri abu jahal…. apakah ummu summiyah atau ummu salamah ataupula yg lainnya???? terima kasih atas jawabannya..

  23. assalamualaikum wr.wb saya dari sumatra nama sy cherry permata putri saya sekarang duduk dikelas 5 sd saya melihat cerita abu jahal dan abu lahab saya tidaak suka dengan perbuatan abu jahal. assalamualaikum wr.wb

  24. Abu lahab dan abu jahal memang paman nabi. Tetapi abu jahal hanya ada hubungan kekerabatan dgn rasul.
    Istri abu lahab dikenal dgn ummu jamil (arwa binti harb bin umayyah). Untuk istri abu jahal tdk tahu, ketika it nabi hijrah ke madinah karena ulah abu jahal, dan abu jahal berpesta pora berlebihan di QS al-’alaq ayat 6.
    Dan menurut kisah kebencian abu jahal smakin brtmbh ktika Rasulullah صلى الله عليه وسلم dilamar Sayyidah Khadijah, yg wkt dl abu jahal sempat melamarnya dan menolaknya.
    Wallahu’alam. Wallahu musta’an.

  25. Para komentator please dh, komen yg baik2 bs dong. Yg kurang silakan tambah, yg salah sila perbaiki, yg tw byk sempurnakan bs to. Sedekah ilmu lho. Menghakimi saja ini g baiklah ky gt.

  26. Nama istri abu lahab adalah hindun
    Nama budak yang di suruh hindun adalah wahsyi
    Nama anak abu jahal adalah iqrimah
    Abu=bapak
    Jahal=bodoh
    Jadi abu jahal adalah bapak yang bodoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s