Mengapa Aceh Digelar Serambi Makkah?

Acehku sayang Acehku malang
Jasamu besar untuk republik
Tetapi orang kurang mengenang
Nasibmu aduhai sedihnya
Setiap hari nyawa melayang
Padahal Aceh bukan Palestina
Dan yang berkuasa bukan Yahudi
  
(Abu Az-Zahra)

Negeri Aceh pada abad ke 15 M pernah mendapat gelar yang sangat terhormat dari umat Islam nusantara. Negeri ini dijuluki “Serambi Makkah” sebuah gelar yang penuh bernuansa keagamaan, keimanan, dan ketaqwaan. Menurut analisis pakar sejarawan, ada 5 sebab mengapa Aceh menyandang gelar mulia itu.

 Pertama, Aceh merupakan daerah perdana masuk Islam di Nusantara, tepatnya di kawasan pantai Timur, Peureulak, dan Pasai. Dari Aceh Islam berkembang sangat cepat ke seluruh nusantara sampai ke Philipina. Mubaligh-mubaligh Aceh meninggalkan kampung halaman untuk menyebarkan agama Allah kepada manusia. Empat orang diantara Wali Songo yang membawa Islam ke Jawa berasal dari Aceh, yakni Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ngampel, Syarif Hidayatullah, dan Syeikh Siti Jenar.

Kedua, daerah Aceh pernah menjadi kiblat ilmu pengetahuan di Nusantara dengan hadirnya Jami’ah Baiturrahman (Universitas Baiturrahman) lengkap dengan berbagai fakultas. Para mahasiswa yang menuntut ilmu di Aceh datang dari berbagai penjuru dunia, dari Turki, Palestina, India, Bangladesh, Pattani, Mindanau, Malaya, Brunei Darussalam, dan Makassar.

Ketiga, Kerajaan Aceh Darussalam pernah mendapat pengakuan dari Syarif Makkah atas nama Khalifah Islam di Turki bahwa Kerajaan Aceh adalah “pelindung” kerajaan-kerajaan Islam lainnya di Nusantara. Karena itu seluruh sultan-sultan nusantara mengakui Sulatan Aceh sebagai “payung” mereka dalam menjalankan tugas kerajaan.

Keempat, daerah Aceh pernah menjadi pangkalan/pelabuhan Haji untuk seluruh nusantara. Orang-orang muslim nusantara yang naik haji ke Makkah dengan kapal laut, sebelum mengarungi Samudra Hindia menghabiskan waktu sampai enam bulan di Bandar Aceh Darussalam. Kampung-kampung sekitar Pelanggahan sekarang menjadi tempat persinggahan jamaah haji dulunya.

Kelima, banyak persamaan antara Aceh (saat itu) dengan Makkah, sama-sama Islam, bermazhab Syafi’i, berbudaya Islam, berpakaian Islam, berhiburan Islam, dan berhukum dengan hukum Islam. Seluruh penduduk Makkah beragama Islam dan seluruh penduduk Aceh juga Islam. Orang Aceh masuk dalam agama Islam secara kaffah (totalitas), tidak ada campur aduk antara adat kebiasaan dengan ajaran Islam, tetapi kalau sekarang sudah mulai memudar.

(Sumber : Koran Serambi Indonesia, sekitar tahun 1990-an)

 

About these ads

106 thoughts on “Mengapa Aceh Digelar Serambi Makkah?

  1. Dulu saya dengar dari pelajaran sejarah SD karena di Aceh awal masuknya Islam. wallohu a’lam.
    mengenai sama-sama bermazhab syafi’i. benarkah??

  2. ……tidak ada campur aduk antara adat kebiasaan dengan ajaran Islam, tetapi kalau sekarang sudah mulai memudar.

    (Sumber : Koran Serambi Indonesia, sekitar tahun 1990-an)

    Itu pas tahun 1990-an,, klo sekarang? :(

  3. Jika penegakan Islam secara tegas kita laksanakan, saya yakin akan berhasil. sebagai contoh di daerah saya Kota Langsa yang dulunya hiburan “Keyboard” merupakan suatu kewajiban bagi acara pesta perkawinan hingga sampai larut malam. Sekarang Kepala Desa tidak mau menjamin (menanggung resiko) jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan ketegasan ini, bilapun dirumah pesta diadakan hiburan Keyboard tidak sampai malam hari.

  4. Kalo bangsa ini mau berobah kearah yang lebih baik, maka ada baiknya mencontoh syariat Islam yang telah dijalankan di Aceh.Karena sudah dijamin dalam Al Quran bahwa Islam itu adalah agama bagi seluruh Umat dan umatnya akan berguna bagi seluruh alam jika menjalankan syariat secara Kaffah…..InsyaAllah.

  5. kita jangan terlena dengan bayangan masa lampau,yakinlah bahwa tuhan tidak akan menghindarkan azabnya hanya karna daerah kita berjuluk serambi mekah

    Ya iyalah… soalnya kalo Julukan Serambi Mekkah kan manusia yang kasih julukan, sedangkan azab adalah haknya Allah SWT

  6. memang banyak persamaan antara aceh dengan mekah,bahkan sekarang perilaku sebagian orang aceh sudah lebih menjiwai perilaku orang arab pada masa sebelum Rasululah

  7. ACEH benar2 negeri yang mulia
    banyak ulama2 dan tempat pengajian dan orang di ACEH pun banyak yang kuat ilmu agamanya. aku bangga tingal diaceh.

    Emangnya di aceh tinggal dimananya nih?

  8. banyak persamaan antara Aceh (saat itu) dengan Makkah, sama-sama Islam, bermazhab Syafi’i, berbudaya Islam, berpakaian Islam, berhiburan Islam, dan berhukum dengan hukum Islam. Seluruh penduduk Makkah beragama Islam dan seluruh penduduk Aceh juga Islam. Orang Aceh masuk dalam agama Islam secara kaffah (totalitas), tidak ada campur aduk antara adat kebiasaan dengan ajaran Islam, tetapi kalau sekarang sudah mulai memud

  9. SAYA BANGGA.dengan rakyat aceh yang selalu menjungjung tinggi ukhwah islamiah..cuma sekarang ini saya minta kepada para pemuda aceh jangan sampai punah sebutan aceh serambi mekkah…salam untuk kawan-kawan di nurul ulum .perlak.

  10. saya lihat waktu sy plg thn kmrn perubahan aceh dah jauh…………. bgt! syg aceh yg identik dgn serambi mekkah skrg dah berubah baik dari segi pakaian maupun pergaulan bebas dimana2 terutama dikota2 y budaya nenek moyang-a dah ditinggal oleh para pemuda-pemuda aceh. ayo kita bangkitkan lg budaya nenek moyang kita y dl sering peduli sesama ummat dan berjuang demi keadilan dan Agama!

    Pulang dari mana nih tahun kemaren?

  11. Masih pantaskah Aceh diberi gelar Serambi Mekkah sekarang ini? Tahun 2009 M/1430 H. Jika kemarin telah kena bencana Tsunami? Kalau Aceh serambi Mekah, bisakah Papua menjadi serambi Madinah?

  12. O gitu ceritanya. Thanks ya… Yg post web ne udah ngejalin Syariat Islam dengan kaffah ngag y??

  13. aceh adalah salah satu unsur penting dalam NKRI kehadirannya tidak dapat dipandang dengan sebelah mata, maka jagalah dan rawatlah “harta” yang ternilai bagi negara kesatuan ini

  14. Wah,sy br tau tu,tp jujur sy Bangga dng Aceh,.Aceh adalah mayoritas islam?salut deh,kpn ya bs jalan-jalan ke Aceh?

    Kalau gak sempat ya harus disempatkan… kalau gak disempatkan ya ga sempat-sempat… Sempat ga sempat ya diusahakan sempat…Hehehe…

  15. sbnar nya,,,,,,,,lbih baik kta kerjakan sesuatu itu karna takut kpada allah,,bkan nya takut akan hilang nya swatu gelar,,,,
    karna apa?karna gelar itu fngsi nya sementara,,,,,,,,,tpi amalan yg kita krjakan dngan ikhlas karna allah,,mka fngsi nya dalah surga allah di akherat nanti,,,,,,,,,,insyaallah,,,,,,,,,

  16. Dulu benar Aceh Serambi Mekah, akan tetapi kalu kita lihat sekang jauh dari pada apa yang kita benggakan, contoh yang sangant sederhana dulu tidak ada lagu-lagu aceh yang bernuansa konvensional, semua penyainya yang perempuan berjilbab, lirik nyanyianya pun membawa pesan Dakwah, tapi coba kita buka mata sekarang apa yan terjadi………………………….., ini tugas kita bersama untuk mengembalikan Aceh seperti dulu…………….., yang pernah disegani bangsa lain

  17. Website sangat bagus, terutama bagi kawula muda yg kurang tau masalah sejarah masa doeloe. Thanks

  18. saudara mursalin…hati-hatilah dalam berkomentar…sebab antara kenyataan dan apa yang ada komentari sangat bertolak belakang?apa anda hanya membuka sebelah mata? apa anda tak pernah nonton TVRI stasiun Aceh? bagaimana dulu dan sekarang? apa dulu pakai jilbab?sekarang tidak? atau sebaliknya?anda tentu pintar ………

  19. Jgn kt menghrpkn org lain tuk brbh.,tp jadikan lah kt sbg panutan dlm perbhan mereka..key broe..le that lumpoi yang ka ta tuwoe..tp diet that but yg ka tapubut..oh na but beu jeut keubut..oh peubut beu ban but..

  20. amanah dari kita bersama,amin:kepada pemimpin di nanggro aceh sudi kiranya memperhatikan rakyat dgn hati terbuka bimbinglah kader2 pemuda askar untuk mencerahkan agar dapat ketentraman di naggro aceh,dgn izin allah kita doa bersama,tegakkan undang2menjadi contoh teladan di kelak kemudian hari,

  21. menjadikan masyarakat aceh dan sekitarnya menjadi muslim sejati seperti dahulu kala bukan tugas pemerintah seutuhnya, karena kita sebagai warga masyarakat yang peduli pada agama islam yang kita anut, kita harus turut berperan serta. marilah kita mulai dengan diri kita, kelurga kita, tetangga kita, lingkungan kita dan semoga banyak yang tersadar dari jalan yang sesat. penegakkan undang – undang adalah solusi yang baik, akan tetapi akan lebih baik apabila pendekatan rohaniah dilakukan setiap hari jum’at disetiap masjid dan disetiap perkumpulan ibu – ibu. karena dengan siraman rohani hati setiap insan akan tergerak dengan sendirinya. semoga setiap usaha yang kita lakukan untuk agama dan bangsa mendapat ridho Allah. SWT. Amien.

  22. as salam mua’laikum..
    saya dari Malaysia..
    saya berharap kita semua saling tolong menolong untuk membangunkan Islam supaya ISlam menjadi agama yang terbaik dari semua agama yang ada di bumi ni..marilah sama-sama kita berdoa dan berusaha..amin..

  23. harusnya kaum muda di Aceh merasa tercambuk untuk mempertahankan gelar itu.
    ada opini jika ingin melihat karakter suatu daerah lihatlah bagaimana mereka berlaku di Jalan Raya.
    Nah, apakah kita warga aceh sudah berlaku islami? karena jujur saya tidak merasakan aura keislamannya kecuali nuansa adzan berkumandang di mana-mana dan banyak masjid di mana-mana. Tapi Islam tidak sebatas simbol kan? tapi lebih ke Rahmatan Lil Alamin.
    Sekarang banyak pemuda Aceh yang sok kebarat-baratan, lebih suka nongkrong di warung kopi ketimbang pengajian di masjid, berkenderaan sesuka hati tanpa mematuhi aturan lalu lintas dan mengindahkan kesantunan sehingga membahayakan jiwa yang lain.
    Semoga Tsunami di Tahun 2004 sudah cukup di jadikan pelajaran

  24. ah kalian semua asal bicara aja, tanpa tau apa debenarnya yang terjadi di aceh. sebenarnya klau boleh jujur sirnanya hukum allah di aeh disebabkan oleh pemerintah indonesia terutama orde baru yang sangat tidak senang dengan hukum allah. dengan alasan persatuan indonesia banyak sekali hukum-hukum adat di aceh yang dulunya ada sekarang terpaksa harus dirobah. kita liat bagaimana pandanya pemerintah orde baru menjauhkan ulama dengan raknyat hanya karena ulama menuntut ditetapkan keitimewaan untuk aceh yang salah satunya penerapan syriat islam, (baca kejadian DI TII di aceh). kemudian produk syariat islam yang diberikan oleh jakarta untuk aceh di era sekarangdipenuhi dengan muatan politis, dimana setiap draft qanun yang dibuat harus ada persetujuan pusat dengan berpatokan pada konsitusi. bagaimana masyarakat aceh bisa menerapkan syariat klau mereka sendiri tau itu cuman politik jakarta yang hanya bersifat klise dimana tidak adanya dukungan yang memadai dari pemerintah pusat.

  25. Inilah salah’a kita
    kita hnya bs mnyalahkan org lain
    cobalah qt slku generasi muda untuk mrubah semua’a
    yg salah bukanlah indonesia pi di balik semua ini ada amerika dan negara asing lain yg terlbat d dalam’a cba qt lhat qt sangat bgga jka bs b’pto dgn bule asing qt hnya bs mnru tnpa mw mncptkan
    s’pert skrg kasus susno yg mmbka aib salah stu oknum lembga negara pi krn jabtn tkut t’gser beliau pun d jdkan t’skngka pd kasus lain

  26. kita tidak perlu gelar, kita tidak perlu peraturan yg slalu di langgar.kita hanya perlu sadar dan sadar skrg. yahudi telah mengendalikan kita, yahudi ingin menghabcurkan kita, aceh adalah negri yg pling di benci oleh yahudi dan yahudi pulalah yg mengadu domba sesama kita slama ini. sadar.. jawa, batak, papua, maluku, klmntan itu smua saudara kita.. serambi mekkah akan terus brjaya klo kt sadar akn smua itu..

  27. seandainya aceh sekarang seperti aceh dulu, waahhhh, hebat. mari kita kembalikan kejayaan aceh..

  28. Syekh Syarif Hidayatullah berasal dari Aceh ? Apa ga salah tuh ??? Bukannya beliau tuh berasal dari jawa tepatnya di Cirebon !! Jgn ngawur akh !!!

  29. aceh untuk seperti dulu masih ada,yaitu pada diri kita masing-masing.yang pertama untuk genarasi….?
    1.menjalan sunah allah
    2.menjalan kan sunah rasul-rasul allah
    3.menjalan sunah kerajaan.
    4.kita mesti tau apa makna dan tujuan dari sejarah,kita harus tau latar belang kita sendiri yaitu jati diri kita,mari kita galikan sejarah islam nusantara khusus@ sejarah wil,samudra pasai.sultan Al-Malik Ash Shaleh tokok yang pertama deklarasi sejarah islam di nusantara….

  30. Berdasarkan buku berjudul ‘Indonesia’ penulisnya Bill Dalton mencatatkan yang masyarakat Aceh kelihatan peramah dan beradab sopan yang tinggi. Mereka kelihatan lebih mewah dengan berpakaian yang serba bersih dan cantik. Boleh dikatakan semua orang kelihatan menunaikan solat pada waktunya. Beliau juga mengatakan dapat merasakan ia adalah salah satu kota di Sumatera yang bersih dan teratur di mana masyarakatnya teguh dalam menjalankan hukum syariat Islam…di petik dari Buku Ombak Samudera – Tsunami Mengapa Kami, page 10, Author-Kamariah Ahmad

  31. jangan pernah lupakan sejarah.
    baca sejarah dan rawatlah peninggalan sejarah.
    karena dengan itu kita tetap kuat dan memiliki harga tinggi..
    ingat, orang yahudi selalu mencoba untuk menutupi dan menghapus sejarah.. dan dengan itu pula mereka menghancurkan kita..

  32. Salam perkenalan
    Saya dari Malaysia
    Pertama kali saya menjejakan kaki ke Aceh lebih kurang bulan januari 2011. Saya terasa sungguh gembira dan sekarang saya perlukan teman-teman yang boleh saya jadikan teman bicara.mereka yang sudi sila email saya di farid5120@yahoo.com
    Terima kasih

  33. Aceh adalah nama sebuah Bangsa yang mendiami ujung paling utara pulau sumatera yang terletak di antara samudera hindia dan selat malaka.

    Aceh merupakan sebuah nama dengan berbagai legenda dan mitos , sebuah bangsa yang sudah dikenal dunia internasional sejak berdirinya kerajaan poli di Aceh Pidie dan mencapai puncak kejayaan dan masa keemasan pada zaman Kerajaan Aceh Darussalam di masa pemerintahan Sulthan Iskandar Muda hingga berakhirnya kesulthanan Aceh pada tahun 1903 di masa Sulthan Muhammad Daud Syah.

  34. telah terjadi kejadian yang menyedihkan seorang polisi membunuh dan sangat sadis, membeking dan membunuh secara berencana. terjadi di daerah peuniti banda aceh, saya minta kepada kapolda aceh untuk dapat menindak tegas kepada polisi yang sangat arogansi dan tidak bermoral. apakah benar tindakan polisi seperti itu. kalau bisa pak kapolda cabut semua polisi yg bersenjata karena tidak mempunyai akal yg tidak stabil.

  35. dulu ikut hukum islam karna rakyat mekah bawak masuk islam secara baik,sekarang ikut hukum orang jAWA jawa bawak masuk senjata dan bawak masuk kontol, untuk membunuh rakyat aceh dan memperkosa anak aceh gimana gak berubah….sebelum ada jawa d aceh islam hukum kita,sekarang hukum dr jakarta jawa.malu lah sikit jawa

  36. @ Mawi : Mohon maaf, saya orang Jawa. Ada baiknya kita dalam forum ini tidak membawa-bawa masalah suku.. Saya orang Jawa, akan tetapi saya juga mencintai sangat budaya Aceh yang kental dengan nilai-nilai Islam.. Dalam ajaran Islam, bahwa kita sesama Muslim adalah saudara tanpa mengenal batasan suku, ras, warna kulit, bahasa. Selama mereka masih mengucapkan syahadat, mereka adalah saudara kita dalam Islam. Mohon maaf bila ada salah kata..
    Saya orang Jawa, saya cinta budaya dan orang Aceh, saya juga cinta Indonesia, Saya cinta ummat Islam dimanapun berada tanpa memandang latar belakang mereka dari suku mana..

  37. halah, penjara di aceh sepi… Sedangkan penjara di jawa ?? Bejubel.. Ini membuktikan apa ?? Gak percaya datang aja kesini, aman, tentram.. G sperti di jawa, copet, jambret, rampok, bajing.. Dll rame bed…

    Aceh beriman.. Aceh bersih indah aman, bole di adu.

  38. I love acheh…aceh islam,, jawapun kbyakannya islam ….tetpi knapa orang aceh slalu menilai serong kpd bngsa jawa?,,,
    Jawabannyaa. krn bngsa jawa.mrupakan bgsa lamiet.(hamba) dan Telah saya temukan semasa kunjungan sya keu pulow jawa.
    . Dari seagi adat pun sangat membedakan kita…dgn bngsa jawa.
    1,,aceh….adat bak po teumareuhom hukom bak syiah kuala..(hukum dan adat)bersesuian dng al. Qur’an and hadis..
    2.sedang kan di jawa..sampai detik ini masih menggunakan adat hindu..(liatlah adat berpakaian orang jawa.baik sehari2 maupun pada majlis perkawinan..
    Aceh .semakin. dekat atou semakin kita kenal.semakin bertambahkecintaan kita pdnya…tp sebaliknya jika jawa…

  39. ngak baik kita menjelekan suku lain ,kalau orang aceh agama baik sangat tolong sayangi mrerka .muslim adalah satu saudara .
    tidak sempurna iman seseorang apabila dia tidak menyayangi sesama muslim .
    kita intropeksi diri kita masing2 semoga Allah mngampuni kita semua amin….

  40. Sy bangga jd aneuk nanggroe ACEH,kenapa ya trjadinya tsunami di ACEH,coba trjadinya di pulau jawa biar mati semua orng orng yg bunuh bangsa ACEH,sy Nie paling benci pada pemerintah indonesia yg selalu korupsi duit2 rakyat.slm dr aneuk rantoi di negara kanada hidup Aceh lom sayang,ADAT BAH POE TEUMEURUOEN HUKUM BAH SYEIK KUALU.asli aneuk pasei.tnks

  41. Lalu knapa skrg gelar itu hilag tanpa jejak..skrg prlu kta pilih pemimpin aceh, yg benar2 tau sejarah aceh..agar smua nya kmbali sprti dlu..

  42. slama negri ini (indonesia) msih di pmpin oleh orng jawa, ACEH akn trus mlarat…Kta yg pnya hsil knapa mrka yg nikmati…

    Brengsekk brengsekk kau jawa..
    Udah ngk adil, KORUPSI lagi….

    Tpi apapun yg trjadi, aku ttap cinta kpda ACEH…
    I LOVE ACEH

  43. Aceh serambi mekah bkan di gelar oleh siapapun, tapi serambi mekah di gelar oleh rasulullah sendri Muhammdad saw. . . .

    knapa aceh di gelar dg serambi mekah ?

    bermimpi seorang syeh penjaga ka’bah baitullah bertemu dg Nabi muhammad saw, beliau rasul menyuruh yaitu kpda syeh tersebut, untuk mengambil yaitu sbuah surat yg ada d’dlm ka’bah untuk membawa kelima benua untuk membaca nya, sudah 80 tahun beliau dlm perjalanan 4 benua, tapi tak satu pun ke 4 benua tersebut sanggup membaca nya, trakhir masuk yaitu ke samudra (aceh) saat itu bertemu dg seorang pemuda, . .
    Maka pemuda tersebut membaca nya lengkap dg arti-arti nya, mka syeh tersebut bertanya kepada pemuda tersebut, siapakah nama engkau wahai pemuda, . .
    Maka pemuda tersebut yaitu menjawab .. M A L I K U S S A L E H
    maka saat itulah, Rasulullah lah Nabi Muhammad sendri yg melantik aceh ini sebagai serambi mekah.

  44. Sekarang aceh harus dibilang apa, serambi mekkah ngk mngkin lg,,, kalo dilihat dari kehidupan orang aceh sekarang pantasnya aceh dipanggil Aceh Serambi HOT.

  45. banyak ulama aceh yang di bunuh,tgk.bantaqiah da murit2nya,tgk,ahmat dewi,dan lain2 pembunuhnya jelas tni tapi tidak pernah ada keadilan dari indonesia,igat itu hutang darah sewaktu2 akan ditagih oleh anak cucunya….

  46. Sungguh mulia aceh di mata dunia islam tpi kita harus sadar itu semua kisah lampau….
    Tpi bagaimana pandangan internasional terhadap aceh skrng…?
    Anda tahu…?
    Kita harus introspeksi diri jgn terlena dgn kejayaan aceh di masa lampau tpi kita harus menyadiri apakah aceh skrng satu provinsi islam yg termasyur….
    Saya secara individu berani jwb….tidak.
    Maaf saya putra aceh walaupun saya skrng hidup di luar negara….saya malu melihat peradaban umat secara religius di aceh unt skrg ini.

  47. assalamu’alaikum wr wb. mohon bantuannya saudaraku, kira2 siapa pakar2 yg mengatakan hal tersebut? terima kasih atas bantuannya.

  48. Akibat bebasnya masuk peradaban peradaban luar
    yg nonmuslim
    yg sangat berpengaruh kepada anak remaja masakini.
    Serta kurangnya perhatian orangtua terhadap anak.
    Yg mungkin orang tuanya juga kurangnya mendalami ilmu agama muslim.

  49. mngkin kta dah terpengaruh dengan kemajuan era globalisasi, hingga kta lpa gmna hbat aceh di msa lalu…

  50. dulu memang adat bak poeteumereuhom hukoem bak siah kula kanu bak putroe phang resam bak laksamana,,,dulu semua orang taat pada raja da berkerja dengan sukarela untung membing2/mejunjung tinggi agama islam tampa meharap imbalan pada manusia….tp sekarang cuma tunggu tgl atau bln saja,,,tp belum ada penghasilannya….

  51. *entoeng na aceh tinggal sitangke dak meudeh tanle idonesia*ingat lah siapa aceh dalam sejarah nenggeri yg megah lgi dngan kaya,aceh lhee sagoe pitimang beupah bek pandang siblah beu sama rata,kiban masa sultan geumat kumudo, menan geutanyo haroeh peulara,bek tape seugap droe didalam gedog rayat netulong pike beusama,bek wate ujeun perele payong yoeh lam geudog hana takira bek wate kempaye ta peugah ayat hadis meugulog2 jnoe ci pekong cariat islam beudi the uleh mata doya….

  52. Aceh,ngara q,sy bngga dilahir kan dr darah aceh.karna di aceh jauh lbih bda dengan negara lain.salah satu.di aceh berlakunya syariat islam.adat aceh.dan tata krama jauh lbih beda dngn negara laen.yg lebih mnarik lg. dan kita syukur masuk nya islam ke sumatra melAlui aceh….wslam

  53. jangan asal ngeledek ,tahukah bila aceh nampak kotor, sejak suku lain datang dengan lengkap senjata ke aceh,semua menjadi keruh.dan ber kembang biak bak virus. maaf kami sebagian bejat,tapi adat kami hormati dan agama islam tidak ada yg memaksa kami untuk memeluknya.selama aceh masih satu dgn bangsa lain tak akan ada lagi serambi mekah.ukur sendiri.lepas aceh.kita lihat.mampukah aceh bangkit kembali atau yg lain takut mati kelaparan.sunami bukan azab allah tapi penghentian pembunuhan yg berpuluh tahun lalu dan penghentian budaya lain yg gak jelas.mungkin belum terlambat bagi bangsaku aceh…….,,,

  54. aceh memang serambi mekah, namun perkatan itu tidak cocok utk di gunakan saat ini bila kita melihat perkembangan anak muda mudi sekarang .saya akui serambi mekah tak kan hilang di aceh sampai kapan pun .namun yg amat saya sesali tingkah laku sebagian rakyat aceh saat ini, kehidupan mereka cukup jauh berbeda dgn gelaran serambi mekah. lihat dan perhatikan , ,sungguh memalukan ,wahai pemuda dan pemudi aceh berubah lah cara hidup mu kepada jalan yg di ridha’i ALLAH AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN

  55. tpi nyan sang mant0eng kureung inf0rmsi jih,pengetahuan km0 yg di dayah na lbh bcut teuk.

  56. Pingback: Menari atau duduk mengangkang bisa menjadi masalah serius di Aceh | OurVoice

  57. Assalamu,alaikum geutanyo ureng Aceh hanjeut maju,di seupet lee jawa,baik masaalah ekonomi baik pun Industri,loen cukop sensara,loen perjuangkan masaalah kemajuan ahirnya lari,karna BANK tak tercapai dana keluar tak cukup.

  58. bnyk aliran pmikiran ni di sni. dikit dari aku yq bertanah air di perlak,aceh .jawa batak.madura yq intinya smua yq bkan aceh emang gak tau malu gk nyadar gk syukur terutama jawa .tapi itu dulu sobat lupain aj tapi simpan dalam hati dan bkan dendam . nah skarang kesempatan bgi kita waktunya kita kuasain nusantara kek dulu. apa bisa. soyang pgah hanjet bek pgah droe awak aceh. contoh yahudi .mereka sdikit bnyk penganiayaan pembunuhan pembantain dulu yq mereka hadapi (baca BK rahasia yahudi) TAPI DUNIA MREKA PGANG HARI INI. APAKAH KALIAN BIARIN ORANG JAWA TRUS TRUSAN YG BERKUASA SJAK 1945. JGN NGOMONG DOANG DONG.

  59. Menurut sejarah, nama aceh serambi MEKAH dbrikan oleh nabI muhammad SAW. Clo anda tdak prcy silah kan anda dowload dakwah tgk abdul aziz yg mnceritakan sjarah ACEH. wsslam

  60. Saya dari Singapura, kerana julukan serambi mekkah, aku jadi tertarik ingin kunjungi ke sana. Bulan april ini akan ku kesana. Memang sejarah Aceh dulu ternyata sungguh penting dan besar di rantau ini, tapi tak bermakna Aceh ngak bisa kembali ke zaman gemilangnya pada masa akan datang….. Wallahualam….

  61. Saya adalah anak Aceh dan yang saya dari apa yang saya dengar dari Imam saya bahwa dahulu sahabat rasul pernah bertanya kepada nabi Muhammad akan Dimanakah letak serambi Mekkah di muka bumi ini… Dan rasul memberi ayat yang mana ayat tersebut hanya bisa di lafal di tanah serambi Mekkah. Dengan dari pada itu sahabat2 nabi terus melafalkan ayat yg di berikan Rasulullah di setiap belahan benua hingga di acehlah ayat itu bisa di lafalkan dengan benar…. Jadi tidak ada hubungan degan negara Indonesia maupun politik.

  62. Maaf yang bejat orang Aceh yang bagai mana, coba bandingkan dgn daerah lain, (apakah Anda sudah ke daerah lain) yang terpengaruh akan era global dan terutama ekonomi, Yg saya tau dari jaman dulu hingga sekarang orang Aceh belum ada yg mati kelaparan karena negeri yg subur bertanah hitam humus yg di aliri sugai yg mengandung emas, saya bangga dan ingin membesarkan anak wanita saya di sana, dimana wanita semua berhijab bagi yg muslimah( tanda iman) yg INSYAALAH melahirkan anak-anak yg dididik dgn iman di mana hijab tanpa paksaan dan merupakan kewajiban, yg menDO’A kan orang tuanya ( YAA RABBANA) setelah tiada.. Tanya dan lihat di manapun di Indonesia tidak mayoritas pemeluk agam Islam memakai kerudung dengan etitut Islami, degan pengaruh dunia malam yg mencolok mkn yg saudara lihat sebagian wanita pendatang yg mentap di Aceh dengan kebebasan tanpa kontrol orang tua (anak kost) dan bukan didikan orang Aceh. Yg berpendapat Aceh kolot dan munafik.

  63. saat lon baca banbandun surat electrik dari awak nyo/cedara lon….yg kana di ateh lon bangga jeut ke anek ACEH,semoga Aceh lon sayang jet kembali kemasa MALIKULSALLEH….Amiiiiinnnn……….

  64. menurut sejarah julukan serambi mekkah untuk aceh bukan lah dilihat dari sudut pandang itu saja tetapi lihat sejarah penjaga kubur nabi muhammad saw.apa yang telah terjadi dalam mimpi penjaga kubur tersebut.carilah sejarah islam dan belajarlah agama allah maka dengan begitu siapapaun akan mendapat jawabannya. mengapa aceh digelar dengan serambi mekah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s