Tips Berhenti Meragukan Diri Sendiri

Berikut 5 cara untuk meningkatkan kepercayaan diri :

     1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Ingatlah bahwa semua kita berbeda. Setiap orang pasti mempunyai potensi tersendiri, walau orang tersebut cacat sekalipun. Galilah potensi yang ada pada diri sendiri. Mungkin Anda pernah menonton Acara Kick Andy edisi Andy’s Diary, tentang orang-orang cacat tetapi ternyata kehidupannya sangat berarti bagi orang lain dan bahkan mempunyai keahlian yang menakjubkan. Dan mungkin dari diri kita sering melihat ke sekeliling, bahwa banyak pula orang-orang yang dengan segala kekurangannya ternyata mampu berkarya lebih baik.

Berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap diri kita tidak mungkin sama persis dengan orang lain. Jika Anda sudah mulai membuat perbandingan dengan setiap orang, maka Anda akan menyiksa diri sendiri dan Anda serasa hidup di bayang-bayang orang lain.

     2. Berhenti merendahkan diri sendiri

Cobalah mengenal nilai-nilai plus yang ada pada diri sendiri sebagai seorang individu. Jangan pernah sekali-kali meremehkan diri sendiri. Anda sebenarnya mempunyai kemampuan melebihi dari apa yang Anda bayangkan terhadap diri sendiri saat ini.

     3. Buat daftar kelebihan kemampuan Anda dan mencoba  merealisasikannya

Cobalah untuk membuat daftar kelebihan dan kekurangan diri sendiri, kemudian fokuskanlah untuk senantiasa mengembangkan kelebihan-kelebihan yang ada pada diri sendiri dan perbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Fokuskan pada sesuatu yang membuat Anda istimewa atau sesuatu yang membuat seseorang nyaman dengan Anda. Mungkin Anda memiliki senyum atau mampu membuat orang lain tertawa. Atau mungkin Anda memiliki bakat terpendam yang tidak pernah Anda sadari. Ingatlah selalu, bahwa Anda sebenarnya adalah orang yang luar biasa.

     4. Lebih banyak melibatkan diri

Cobalah untuk mencari klub hobi yang Anda sukai, misalnya bergabung dengan klub olahraga, klub seni, dll. Lebih banyak waktu yang Anda habiskan pada sesuatu yang menstimulus Anda, semakin sedikit waktu untuk merendahkan diri sendiri.

     5. Bergabung dengan orang positif

Mau tidak mau, diri kita yang sekarang merupakan produk dari lingkungan sekitar. Kita sering kali menjadi seperti apa yang di lingkungan kita. Jika kita sering bergaul dengan orang negatif, maka kita juga akan terpengaruh menjadi orang yang berpikiran negatif, begitu juga sebaliknya, jika kita bergaul dengan orang-orang yang positif, penuh percaya diri, menghargai orang lain, maka kita juga akan menjadi demikian.

Nah, sekian dulu dari saya ya. Kalau ada yang ingin menambahkan silakan deh… Karena poin-poin di atas saya dapat dari email, sedangkan isinya saya buat sendiri.

 

13 thoughts on “Tips Berhenti Meragukan Diri Sendiri

  1. bner bgd…………
    walaupun kita kadang sekilas (ingin) mjd org laen
    qt hrs menyadari bahwa yg memgendalikan qt adl dri qt sndri………..
    syukurilah apa yg sudah tuhan kasih k’qt..

    Yakinlah bahwa setiap diri kita mmepunyai potensi yang luar biasa, hanya saja kita belum mengeluarkan kemampuan itu. Kita bisa menjadi lebih dari orang lain. Coba aja deh baca Buku Andrie Wongso yang judulnya Aku adalah Macan !

  2. iya ya kadang scra tdk sngja kita sring mniru dn mncoba mnjadi orng lain yg mnrt kita dy itu oke, dan scra brsamaan kita sdh mngglmkn jati diri kita sndiri.

    Jadilah diri sendiri. Setiap diri kita sebenarnya punya potensi yang luar biasa lho….

  3. Gimana jika dah sering coba berbagaicara tp masih belum juga bs….sering minderan😦

    Mindsetnya harus diubah dulu. Karena semuanya sebenarnya berawal bagaimana kita berpikir tentang suatu hal. Programlah pikiran sendiri bahwa kita bisa melakukannya. Tentang hal ini banyak kok buku yang membahasnya.

  4. bagus bagets… tapi…. susah untuk jadi diri sendiri karna aku takut tidak di hargai oleh orang lain… gimana????/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s