Impian…

Seorang guru TK bertanya pada muridnya, “Siapa yang mau jadi presiden?”, seketika semua anak-anak TK tersebut mengacungkan telunjuknya. Sang guru bertanya lagi, “Siapa mau jadi dokter?”, berlomba-lomba semua anak mengangkat tangan. “Siapa mau jadi pilot?”, tak satupun anak yang tidak mengangkat tangan tinggi-tinggi. Begitulah kondisinya kalau yang ditanya adalah anak-anak. Tapi bagaimana dengan kita sekarang? Bagaimana kalau kita ditanya apa impian kita? Misalkan ditanya, “Siapa yang mau jadi presiden?”, “Siapa mau jadi milyader?”, “Pilot?”, “Dokter?”, “Pengusaha Sukses?”, “Investor?”, dll, pasti tak satu orangpun dari kita yang berani mengangkat tangan dengan begitu entengnya sebagaimana anak-anak TK tadi. Kenapa? Kenapa ini terjadi? Tak lain dan tak bukan adalah karena diri kita yang sekarang sudah memakai logika untuk berpikir tentang masa depan kita. Ketika masih duduk di bangku TK, kita memikirkan hal-hal yang demikian itu (impian) tanpa memakai logika, kita dulunya tidak peduli apakah impian atau cita-cita tersebut bisa tercapai atau tidak, kita juga tidak peduli apakah itu mudah atau tidak, realistis atau tidak. Saat masih kecil, kita semua tidak memakai logika dalam bermimpi.

Tapi seiring berjalannya waktu, seiring mengalami jenjang pendidikan yang semakin tinggi, seiring itu pula pola pikir mulai terbentuk, kelogikaan berpikir mulai dipakai. Ternyata banyak dari kita yang sekarang, yang memakai logikanya, mengatakan “Ah, mana mungkin aku bisa jadi presiden”, “Mana mungkin aku bisa jadi dokter ahli dengan kondisiku yang sekarang”, “Mana mungkin aku bisa jadi milyader dengan pendapatanku yang sekarang”.

Apakah masing-masing dari diri kita sadar bahwa mempunyai impian itu tidak bayar? Bahwa mempunyai impian sebesar apapun itu, walau impian atau cita-cita setinggi langit adalah GRATIS … Kalau masing-masing dari diri kita tau, lantas mengapa takut bermimpi? Mengapa masih memakai logika? Termasuk misalnya punya impian seperti mobil mewah, rumah di real estate, pesawat pribadi, berkeliling dunia, punya yayasan panti asuhan, membangun rumah ibadah, memberikan tanah waqaf, atau apapun itu, semuanya adalah impian dan berimajinasi dengan impian seperti itu adalah GRATIS.

Mungkin sebagian dari kita mengatakan “Ah, penghasilanku kan cuma satu juta per bulan” atau “Ah, aku kan berasal dari keluarga yang baisa-biasa saja”, bla…. bla…. bla…. Jangan pedulikan kondisi diri kita saat ini. Dengan impian itulah, kita jadi punya tujuan, punya fokus yang akan dikerjakan, percaya tidak percaya, semua itu bisa terwujud.

Buku ReallionairePernah baca buku Reallionaire ? Buku ini menceritakan perjalanan hidup seorang anak keturunan Afrika-Amerika yang tinggal di Chicago yang bernama Farrah Gray. Ia adalah anak muda berkulit hitam yang dibesarkan di keluarga miskin dengan orang tua tunggal penerima bantuan publik. Di usia 8 tahun, ia mendirikan sebuah klub bisnis. Di usia 14 tahun, ia menghasilkan satu juta dolar pertamanya. Di usia 16 tahun, Farrah Gray telah menjadi Reallionaire – seorang pengusaha paripurna yang kaya luar dalam. Buku ini ditulis langsung oleh Farrah Gray. Setelah saya membaca buku itu, hal mendasar yang terpenting yang membuat ini semua bisa terjadi adalah karena ia telah mempunyai impian yang besar sejak masa kanak-kanak dan ia fokus dengan impiannya itu. Ia memang dilahirkan di keluarga miskin, lingkungan yang kumuh, tetapi itulah yang membuatnya ia bertekad bahwa ia tidak mau jadi miskin selamanya, ia mau jadi milyuner. Dan sekarang impiannya terjadi. Jika ingin membeli bukunya bisa lewat situs ini.

Buku The SecretKemudian, pernah baca buku The Secret ? Yang ditulis oleh Rhonda Byrne. Pada halaman 79 di buku itu ditulis “Semesta tidak membutuhkan waktu untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan. Mewujudkan satu dolar sama mudahnya dengan mewujudkan sejuta dolar”. Tentunya bagi yang muslim, semesta disini berarti Allah SWT. Nah, bukankah Allah Maha atas segala sesuatunya? Dijelaskan di buku ini ada 3 awal langkah sederhana untuk mewujudkan impian, yaitu meminta, percaya, dan menerima (hal 51-70). “Langkah pertama adalah meminta. Berilah tugas kepada Semesta. Biarkan Semesta mengetahui apa yang Anda inginDVD The Secretkan. Semesta selalu merespons pikiran-pikiran Anda. Langkah kedua adalah percaya. Percaya bahwa apa yang Anda minta sudah menjadi milik Anda. Miliki apa yang saya sebut sebagai iman yang teguh. Percaya pada apa yang tidak kasatmata. Langkah ketiga, langkah terakhir di dalam proses, adalah menerima. Mulailah merasa senang tentangnya. Rasakan seperti apa yang akan Anda rasakan ketika keinginan itu tiba. Rasakan sekarang juga” (Lisa Nichols). Untuk lebih jelasnya bisa dibaca saja buku terebut. Buku ini ada juga tersedia dalam bentuk DVD.

Buku The Secret ini juga membahas tentang Rahasia Uang, Rahasia Relasi, Rahasia Kesehatan, Rahasia Dunia, Rahasia Anda, dan Rahasia Kehidupan. Ada satu bab yang begitu mengesankan bagi saya, yaitu bab tentang Rahasia Kesehatan. Diceritakan ada seorang yang berprofesi sebagai pengarang dan pembicara internasional, bernama Morris Goodman. Tanggal 10 Maret 1981 ia mengalami kecelakan pesawat terbang. Alhasil ia dinyatakan lumpuh total. Tulang punggung remuk, tulang leher pertama dan kedua patah, refleks menelannya hancur, tidak dapat makan dan minum, diafragmanya juga hancur, dan tidak dapat bernafas (harus memakai alat bantu pernafasan). Yang bisa dilakukan hanyalah mengedipkan mata. Dokter mengatakan bahwa ia akan lumpuh seumur hidup. Tapi ia tidak memedulikan apa kata dokter. Setiap harinya ia memvisualisasikan dirinya di kepala bahwa ia bisa berjalan normal kembali, berjalan keluar dari rumah sakit itu. Ia menargetkan pada saat Natal tiba ia sudah bisa berjalan kembali. Dan percaya tidak percaya ia berhasil keluar dari rumah sakit saat Natal tiba dan ia berjalan sendiri dengan kedua kakinya dan juga tanpa alat bantu pernafasan lagi. Sekarang Morris Goodman dijuluki Manusia Ajaib. Kisahnya dipilih untuk film The Secret karena menunjukkan kekuatan yang tak terbayangkan dan potensi yang tak terbatas dari pikiran manusia. Begitu juga dengan kekuatan impian yang ada di pikiran kita.

Buku Quantum IkhlasCara mewujudkan impian dengan 3 langkah di atas, yaitu meminta, yakin/percaya, dan menerima, juga dibahas di dalam buku Quantum Ikhlas halaman 151, yang ditulis oleh Erbe Sentanu. Di buku ini juga dijelaskan bahwa apa yang kita inginkan tidak dikabulkan kecuali apa yang kita fokuskan. Selain itu dijelaskan bahwa kekuatan hati lebih kuat 5.000 kali daripada kekuatan pikiran, sehingga positive feeling lebih powerful dibanding positive thinking. Tetapi kalimat ini tidak bertentangan dnegan apa yang saya bahas tentang “impian” ini. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca saja buku tersebut.

Saya pernah dengar ceramah yang isinya seperti ini, “Jangan cepat-cepat pengen punya kekayaan yang berlimpah, jangan cepat-cepat pengen punya mobil, rumah mewah, dll”. Saya sama sekali tidak setuju dengan pernyataan penceramah tersebut. Menurut saya, yang seharusnya adalah mensyukuri segala sesuatu yang telah kita miliki walau sekecil apapun itu dan juga sekaligus memimpikan hal-hal besar, baik bersifat materi maupun non-materi. Bukankah sering dikatakan “Gantungkan cita-citamu setinggi langit”. Nah lho…. Jadi, buatlah impian/cita-cita setinggi langit tanpa memakai logika. Karena percaya tidak percaya dengan impian tersbeutlah kita jadi punya tujuan dan fokus hidup sehingga melalui pikiran bawah sadar kita semuanya itu dapat terwujud. Tapi jangan lupa berdoa juga lho…..

11 thoughts on “Impian…

  1. Wah.. keren…
    hebat juga ya…rayyan bs nulis……………

    He….

    Thanks. Biasa aja lagi…. Itu kan isinya sebagian dari training quest net kita ma bro Hendro🙂. Untuk Bro Hendro, thanks bro…

  2. “Ah, penghasilanku kan cuma satu juta per bulan” atau “Ah” —> itulah ray, sebagian dari sifat buruk manusia. selalu merasa kurang. intinya bagaimana kita bisa merasa cukup apa yang telah diberikan.

    Yup. “…. yang seharusnya adalah mensyukuri segala sesuatu yang telah kita miliki walau sekecil apapun itu dan juga sekaligus memimpikan hal-hal besar, baik bersifat materi maupun non-materi”. Intinya, tetap jangan lupa bersyukur.

    “buatlah impian/cita-cita setinggi langit”—> jangan cuma setinggi langit-langit rumah ya ray🙂 atau digantung bersama gantungan baju🙂 . Pastinya jangan buat impian, tapi wujudkan impian.

    Yap. Benar tuh. Buat impian untuk diwujudkan, bukan sekedar hanya untuk diangan-angankan saja.

    iya nih, ternyata ray pinter nulis juga😀

    Biasa aja lageeee…..

    lha, itu bisa insert gambar di masing2 paragrap.

    Ya, tapi udah bingung-bingung duluan, dan udah utak-atik sana-sini. Akhirnya berhasil juga insert gambar di tempat yang diinginkan. Hehhe… Maklum, baru pertama kali insert gambar.

    wuuh..bacaan ray berat2 nih …😀

    Masih seringan kapas kok… Hehehe….

  3. tulisannya mencerahkan….. memang setiap orang punya cita2/impian yang berbeda. mereka akan berusaha melakukan sesuatu demi tercapainya cita2. dari tulisan mbak di atas hampir semuanya termasuk perkara impian dunia. bagaimana dengan impian perkara akherat?

    saya pernah baca buku tentang perjuangan ulama zaman dahulu dalam menuntut ilmu dien. semangat mereka sangat layak ditulis dengan tinta emas sehingga dapat dijadikan inspirasi bagi generasi berikutnya dalam menuntut ilmu. ada ulama yang kehabisan bekal dan hampir mati karenanya lalu meminum air kencingnya sendiri. dia pergi dalam rangka mencari ilmu dari negeri satu ke negeri lainnya. ada juga seorang ayah memberikan 100.000 dinar kepada anaknya untuk pergi menuntut ilmu. dia melarang anaknya kembali ke rumah kecuali sudah membawa hadits sebanyak 100.000 pula. dan masih banyak yg lainnya.

    Soalnya masalah impian akhirat sudah banyak dibahas. Tapi sebenarnya dari impian dunia, kita bisa mencapai impian akhirat juga. Misalnya, jikalau kita bermimpi jadi kaya raya, trus kita bisa mewujudkannya, kan kita bisa menggunakan kekayaan itu untuk tujuan-tujuan amal, seperti membantu fakir miskin, membangun masjid, menaikkan haji orang tua, menyumbang tanah wakaf, membuka Dirasah Islamiyah, dan apapun itu untuk lebih memajukan Islam, bahkan kita bisa nyumbang sebanyak-banyaknya untuk saudara-saudara kita di negeri konflik sana, dll. Dan saya juga mengatakan di akhir paragaraf, bahwa bermimpi bisa untuk hal-hal yang bersifat materi maupun non-materi.
    Tapi cerita yang Mas Herr katakan di atas menjadi masukan buat saya. Insya Allah, kalau sudah dapat bahan seperti itu akan saya posting juga. Trims ya.

  4. kalau the secret bukunya ga ada saya..filmnya punya.aseli keren😎

    intinya jangan pernah berhenti berusaha..impian itu menghasilkan kekuatan😉

    salam kenal juga non🙂

    maaf baru berkunjung balik, lama ga OL saya😦

  5. Trims, tulisan yg mencerahkan.

    Dan benar, ini persis sama dengan yg tertera di dalam al-Qur’an, “Mintalah kepada-Ku, niscaya PASTI akan Kukabulkan”. Jadi, kita tinggal meminta saja. Gak perlu mikirin logika dulu. Wong sudah PASTI dikabulkan kok

    Yup, bener. Dalam membuat Impian jangan pakai Logika.

  6. Luar-luar biasa, isi buku dari secret, saya sangat kagum, ada hal-hal yang mungkin kita anggap biasa-biasa aja tapi ternyata hal biasa itu dapat memberikan dampat yang sangat luar biasa dalam kehidupan kita , tapi akan lebih luar biasa lagi apabila buku the secret kita padukan dengan buku Quantum Ikhlas.

  7. wah..

    kren emank..
    so …raihlah mozaik-mozaik hidup-mu di belahan dunia yg lain..(dr buku Laskar Pelangi by Andrea Hirata ). Ini Inspirasi saya untuk mendatangi negri2 impian saya (keliling dunia.., asik kan..???)

    Bermimpi..???
    ya knpa mesti takut untuk bermimpi..
    wong GRATIZ koq…

    klo dh tau kunci-nya (baca buku / film the secret trus baca buku Quantum Ikhlas’x mas nunu..kren bgt uiii).
    mo apa saja..bukan masalah..bisa kita dapatkan..!!!

    so..
    masih takut untuk bermimpi ..???

    salam ikhlas,

    Lola Za

    Ym : lola_za@yahoo.com
    Email : za.lola@gmail.com

    Hehehe… saya baru selesai baca buku Laskar Pelangi-nya…. Filmnya walau udah banyak diputar tapi saya belum nonton. Kalau orang laen udah kapan2.

  8. Apa Kabar Rayyan..?
    jujur ja saya Salut dan bangga dengan Rayyan, ternyata Ray jago nulis dan punya imajinasi serta kreatifitas yang DAHSYAT, saran saya Ray harus mulai nulis buku supaya suatu hari nanti Rayyan menjadi pengarang buku terkenal dan terlaris di Indonesia bahkan Dunia.
    (Tidak ada yang tidak mungkin, yang ada adalah bagaimana kita menciptakan kemungkinan tersebut)

    U Can Do IT My Best Sis…
    Hendro Widjaya (Questnet)

    Kabar Baek + dahsyat bro…..
    Gak nyangka….. bro bisa “kesasar” ke blog Rayyan😀
    Hehe… biasa aja bro… apa yang Rayyan tulis sebagian besar kan ilmunya dari bro… jadi supaya gak lupa ya Ray tulis ulang aja plus tambah dikit dari apa yang Ray baca.
    Ngarang buku dan jadi terkenal? Aaamiiinnn…. apalagi kayak J.K. Rowling (penulis terkenal di Inggris). Baru bro yang nyaranin gitu🙂 Tapi belum ada arah/tujuan mau nulis apa suatu saat nanti. Soalnya ilmu Ray baru dikit dan jarang mengasah kemampuan menulis. Tapi makasih banyak ya bro atas sarannya. Thanks alot

  9. tulisan di atas memang sangat mencerahkan bagi sebagian orang yg tetap setia dalam mengejar impian namun, banyak juga diantara tman” kita yg menganggap hal” di atas adalah mustahil dan itulah yg kebanyakan tman” kita lakukan.

    gw juga dah pnah baca buku “the secret” walaupun cuman minjem dari tmen, sama buku “THE ALCHEMIST [Paulo Coelho]” yg isinya juga punya inti yang sama dgn the secret….

    seperti kk” yg diatas comment ini, sy juga ikut saranin kk ryanis untuk jd penulis aja sekalian😀

    dan yg saya kira baru sedikit orang yg pernah membaca the secret, tapi ternyata banyak juga yaa

    yahoo: dbijis33@yahoo.com
    msn: dbijis33@hotmail.com
    fb: dbijis33@yahoo.com
    web: http://veesecretbooks.vox.com

  10. wah..
    trainingnya bener2 dahsyat bro..
    sangat banyak hikmahnya..
    dulu sebelum saya ikuti training ini,,, saya masih ragu,, apa saya bisa meraih semua impian saya,,,
    setelah saya mengikuti training ini,,
    saya jadi punya harapan untuk mewujudkan semua impian saya..
    itu semua berkatp pak Hendro ..
    beliau bagaikan merpati puth yang slalu terbang mewujudkan impian banyak orang..
    yes.
    thank you bro………..

  11. Wah bagus ray..keren jg si ray buat kata2 yah…smoga makin sip..makin cihui…hahay..fighting spirit for raiyyan ..muachhhhh muachhhh :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s