Gedung Penyelamatan

Ada yang bingung membaca judul tulisan ini? Apa maksud sih gedung penyelamatan? Beberapa hari yang lalu saya jalan-jalan ke Lampaseh, melihat pembangunan apa saja yang baru di sepanjang Jalan Rama Setia tersebut. Daerah ini termasuk daerah yang parah diterjang tsunami 26 Desember 2004 silam, letaknya tidak jauh dari Ulee Lheu.

Sepanjang saya menyusuri jalan tersebut, di beberapa tempat saya melihat masih ada yang plong saja, sejauh mata memandang tidak ada bangunan apapun, bahkan ada lokasi dari pinggir jalan raya kita bisa langsung lihat ke arah laut tanpa penghalang apapun, seperti gambar berikut.

Bisa melihat ke laut

Menurut saya, Jl. Rama Setia yang sekarang merupakan jalan yang terbagus dibandingkan jalan-jalan lainnya di seputaran Banda Aceh. Jalannya lengkap dengan marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

Di antara rambu-rambu tersebut ada dipasang papan petunjuk tempat Gedung Penyelamatan. Yang saya lihat ada 2 papan petunjuk di tempat yang berbeda, hanya saja sedihnya, satu di antara papan terebut dicoret-coret dengan cat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lihat saja hasil perbuatan orang yang tdiak bertanggung jawab tersebut di gambar berikut. Padahal papan petunjuk tersebut merupakan hasil kerja sama antara Indonesia dengan Jepang.

Papan Petunjuk yang dicoret-coret

Awalnya saya bingung melihat papan petunjuk tersbut. Apa maksud sih dengan “Tempat Penyelamatan”? Di keterangan peta malah tertulis ada “Gedung Penyelamatan”. Yah, pastilah merupakan sebuah gedung untuk jaga-jaga jikalau terjadi lagi hal-hal seperti tsunami. Menurut saya pastilah gedung ini digunakan untuk menampung masyarakat yang menyelamatkan diri. Lihat saja besarnya gedung ini. Gedung ini merupakan hasil dari kerjasama antara Indonesia dengan Jepang.

Untuk memudahkan warga menuju lokasi terdekat gedung ini, dipasang rambu-rambu penunjuk arah seperti berikut.

6 thoughts on “Gedung Penyelamatan

  1. wah..wah..aksi vandalisme ternyata dimana-mana. gak di jogja doank. banyak rambu2 gak jelas jadinya.

    Orang tersbut belum insaf, belum tumbuh kesadarannya. Atau jangan2 pelakunya bukan orang Aceh.

  2. eh ray, gedungnya ini ada di atas bukit atau di sekitar jalan yang bagus tadi?

    Sekitar 100 m dari jalan tersebut mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s